KOMPAS.com - Instagram memperkenalkan fitur baru untuk membantu pengguna memulihkan akun mereka yang dicuri peretas. Fitur ini hanya muncul ketika terjadi dua skenario. 

Pertama, pengguna berulang kali memasukkan password yang salah dengan asumsi telah diubah oleh peretas. Kedua, pengguna memilih menu "masalah login?" pada halaman "lupa kata sandi?". Lantas, bagaimana langkah pemulihannya? Instagram bakal mengirimkan kode berupa 6 angka ke pengguna yang susah login karena akunnya diretas. Pengiriman dilakukan via kontak pribadi yang sebelumnya telah disimpan, baik email atau nomor telepon. Selanjutnya, pengguna cukup memasukkan nomor kode keamanan yang diterima dan memverifikasi kembali email atau nomor telepon yang terhubung dengan akun tersebut. 



"Melalui uji coba fitur baur ini, pengguna dapat memulihkan akun mereka meskipun informasi akunnya, seperti nama akun atau kontak informasi yang terasosiasi dengan akun milik pengguna, telah diubah oleh peretas," kata pihak Instagram.

Instagram pun menyatakan bakal terus meningkatkan fitur keamanan ini dalam beberapa bulan ke depan. Fitur ini sedang diuji coba dan mulai tersedia untuk perangkat Android. Perangkat iOS dikatakan bakal turut menerima fitur ini secara bertahap.

0 comentários:

Posting Komentar

 
Top