Pada zaman yang serba instant ini siapa sih yang tidak tahu dengan sosial media? Aplikasi chatting yang digunakan anak manusia setiap detiknya pada abad ini. Tapi disini saya akan menjelaskan sedikit ulasan tentang pengertian sosial media itu sendiri.
O
k, yang dimaksud dengan sosial media adalah media daring (dalam jaringan/ online) dengan para penggunanya bisa mudah berbagi, menciptakan sebuah karya dalam suatu konten tertentu. Meliputi isi, example: blog, jejaring sosial seperti google+, youtube-vlog, app instagram, facebook, snapchat, wiki, skype, twitter, etc. Arti lain, adalah sebagai situs yang menyediakan wadah bagi penggunanya untuk saling berinteraksi secara online. Media sosial sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang, mereka seperti orang kecanduan yang akan merasa aneh bila sehari saja tidak menggunakan situs berbagi informasi ini. Rata-rata orang yang sudah menjadi kebiasaan menggunakan sosial media akan merasakan hal ini. Tapi pada intinya sosial media hanya memiliki satu fungsi yaitu untuk menjalin komunikasi secara online.
Dampak Sosial Media di Negara Kita Tercinta, Indonesia.
Walaupun media sosial menawarkan segala kemudahan dalam berkomunikasi, bersosialisasi, dan lain sebagainya. Akan tetapi bukan berarti media sosial sepenuhnya memberikan dampak positif pada masyarakat Indonesia. Kenyataannya terdapat dampak-dampak negatif yang cukup serius dan apabila tidak ditangani dengan baik dapat membuat masyarakat Indonesia malah berkembang ke arah yang negatif dan tidak sesuai dengan harapan kita sebagai orang Indonesia.
Berikut adalah beberapa pengaruh negatif dari pengguna sosial media:
  • Tidak memandang usia, beberapa konten media sosial sangatlah mudah memberikan pengaruh negatif,
  • Banyaknya waktu yang dihabiskan untuk media sosial sehingga terkadang lupa dengan aktivitas yang seharusnya dilakukan, dan
  • Sosial media banyak di salahgunakan semata-mata hanya untuk kesenangan dan keuntungan pribadi, etc.
So, apakah semua yang saya jelaskan di atas termasuk sistem informasi? Menurut saya, ya! Karena jelas sudah apabila di lihat dari definisi sistem informasi itu sendiri adalah kombinasi dari teknologi 

"informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi..

Nah, sama halnya dengan definisi atau dengan apa yang saya jelaskan di atas. Cukup sinkronkan? Semua hal yang berkaitan dengan aktivitas berinteraksi antar pengguna online mau itu lewat aplikasi chatting atau face to face (memberikan informasi secara langsung/ tatap muka) disebut/ termasuk juga sistem informasi."

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top